Beranda Hukum Proyek DAK 2018 Untuk SMA SMK, Sekretaris Dinas Pendidikan Sultra (LD) Terjaring...

Proyek DAK 2018 Untuk SMA SMK, Sekretaris Dinas Pendidikan Sultra (LD) Terjaring OTT.

668
0
BERBAGI

Kendari – (CompleteNews.Id).

Keberhasilan Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tenggara (Sultra), perlu mendapat ajungan jempol, betapa tidak, institusi penegak hukum ini berhasil melakukan operasi tangkap tangan (OTT), terhadap Pejabat Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra berinisial LD.

Operasi Tangkap Tangan (OTT) Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tenggara ini, juga berhasil mengamankan dan menyelamatkan uang Negara, sedikitnya Rp. 425 juta.

“Kami berhasil melakukan tangkap tangan terhadap LD di hotel Kubra pada hari ini pukul 17.00 wita” kata Wakajati Sultra Sutomo. Rabu (28/11/18).

“Kasusnya adalah dugaan korupsi dana alokasi khusus (DAK) untuk SMA dan SMK tahun 2018. Modusnya pelaku meminta fee sebesar 10 persen,” ungkap Sutomo.

Sutomo juga mengatakan, DAK tersebut digunakan untuk pelatihan siswa, pembangunan laboratorium dan perbaikan rumah dinas. Nilanya Rp102 miliar untuk SMK, dan Rp 80 miliar untuk SMA.

Lanjut Dia katakan, “Barang Bukti (BB) yang diamankan diduga, merupakan komitmen fee yang terakhir” katanya.

LD ini sudah dua kali melakukan transaksi, namun masih akan melakukan pengembangan dan memungkinkan bisa menangkap pelaku lain yang terlibat.

“Sejak dua hari yang lalu saat kegiatan sosialisasi laboratorium, bersama kepala sekolah dan bendahara di hotel D’Blitz, transaksi sudah dilakukan, namun kami belum melakukan, menunggu momen yang tepat,” ungkapnya.

Pihak Kejati sendiri masih melakukan pengembangan terhadap pelaku, sehingga pihaknya belum bisa menentukan apakah tindak pidana korupsi yang dilakukan berupa suap-menyuap atau pemerasan.

“Pasal yang dikenakan juga belum kita tentukan, waktu kami satu kali 24 jam untuk menentukan status tersangkanya. Paling cepat besok malam kami umumkan,” tutup Sutomo, Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tenggara.

Selain barang bukti uang, satu buah mobil Honda CRV berwarna hitam dan dua buah handphone, ikut diamankan pihak Kejati Sultra. Kejati juga akan melakukan kerja maraton dalam memeriksa pelaku. (*/Ds).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here