Beranda Daerah Gubernur Sulsel Akan Lakukan Tindakan, Terkait Abrasi dipesisir Pantai Galesong Akibat Penambang...

Gubernur Sulsel Akan Lakukan Tindakan, Terkait Abrasi dipesisir Pantai Galesong Akibat Penambang Pasir Laut.

319
0
BERBAGI

Takalar — (CompleteNews.Id).

Gubernur Sulawesi – Selatan. Prof HM Nurdin Abdullah, menyaksikan lansung terjadinya abrasi pantai, di Desa Mappakalompo Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar. Selasa (7/1/20).

Abrsi pantai tersebut diduga kuat terjadi akibat dari penambangan pasir laut yang sangat jauh dari jalur zonasi yang diberikan rekomendasi oleh Pemerintah Prov Sul-sel, dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup Prov. Sul-sel.

Nurdin Abdullah melihat lansung ombak besar yang datang dari arah barat daya, mengikis pemukiman warga pesisir yang dulunya tidak seperti itu, sebelum ada penambangan pasir laut.

Bupati Takalar H. Syamsari Kitta berharap, dengan kehadiran Bapak Gubernur melihat dan menyaksikan langsung dampak abrasi, yang jadi malapetaka bagi masyarakat pesisir di Kecamatan Galesong Takalar, Gubernur Sul-sel segera melakukan langkah langkah untuk memberhentikan pengoprasian tambang pasir laut tersebut.

Usai melihat langsung dampak Abrasi itu, Gubernur Sul-sel berjanji di depan msyarakat Galesong dan Bupati Takalar, akan segera melakukan tindakan terkait penrusakan lingkungan, yang di akibatkan oleh penambang yang tidak bertanggung jawab tersebut.

Ditempat terpisah, Direktur LSM-LAMBUSI Nixon Sadli Karma mengatakan, jauh sebelumnya saya secara Lembaga menyatakan dibeberapa Media bahwa, jangan beri izin kepada penambang pasir laut di pantai Desa Mappakalompo Galesong tersebut.

“Kalau Pemerintah memang mempunyai rasa adil kepada Rakyatnya, maka tidak akan memberikan izin operasi tambang pasir laut dan kalaupun itu jalan satu-satunya untuk menyelesaikan proyek Raksasa CPI (Cetral Poin Indonesia) yang berlokasi di tanjung Makassar, seharusnya Pemerintah berperan aktif, untuk mengawasi lebih ketat lagi pengoprasian tembam pasir laut itu,” ucap Nixon Sadli Karma, Direktur LSM-LAMBUSI, kepada Wartawan. (*/Ns).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here