Beranda Metro Akbar Endra: Aktivis Mahasiswa Harus Menguasai Keterampilan Jurnalistik Sebagai Insan Akademis Pencipta...

Akbar Endra: Aktivis Mahasiswa Harus Menguasai Keterampilan Jurnalistik Sebagai Insan Akademis Pencipta dan Pengabdi

306
0
BERBAGI

Makassar – (CompleteNews.Id).

HMI Cabang Makassar, mendaulat
Komisaris Utama PT Menit Indonesia Cerdas Akbar Endra, membawakan materi pada acara Pelatihan Jurnalistik dengan tema “Peran Lembaga Pers Mahasiswa Islam (LAPMI) Dalam Perkembangan Media”. Pelatihan Journalist itu berlansung di Hotel Marina, Jalan Penghibur Makassar. Senin (20/12/21).

Dalam kesempatan itu Akbar Endra menyampaikan. Semangat Intelektual di kalangan Mahasiswa, harus dimulai dari banyak membaca dan membiasakan diri menulis.

Mahasiswa harus bangkit dan menjadi Influencer, sebab di era milenium perkembangan teknologi informasi maju pesat.

Kader HMI harus bangkit dengan menuliskan gagasan-gagasan kebangsaan yang disebar, tak hanya melalui portal milik LAPMI HMI Cabang Makassar, tapi juga tulisan-tulisan kader HMI, dapat disebar ke media-media mainstream.

“Perkembangan sosial media saat ini, bisa menjadi wadah bagi mahasiswa untuk melontarkan gagasan-gagasannya dan menjalankan fungsinya sebagai agen of social control dan agen of change,” lanjutnya.

“Mahasiswa Islam harus cerdas memanfaatkan sosial media, tidak sekedar menjadikannya ajang aktualisasi diri, tetapi menjadi ajang untuk menginspirasi generasi dan bangsanya, agar kelak kader-kader HMI menjadi generasi yang dibanggakan oleh generasi akan datang,” kata Akbar.

“Mahasiswa harus menjadi aktivis, peduli dan peka terhadap kondisi masyarakat di sekitarnya. Aktivis mahasiswa juga harus menguasai keterampilan jurnalistik. Dengan bekal itu, mahasiswa baru bisa disebut sebagai insan akademis, pencipta dan pengabdi,” ucap Akbar.

Saat seorang Mahasiswa bertanya “Bagaimana seharusnya Pers Nahasiswa menyikapi, maraknya praktik korupsi yang dilakukan oleh sejumlah oknum penyelenggara negara”.

Akbar Endra menjawabnya “Aktivis Pers Mahasiswa menyajikan Jurnalistik Investigatif, tidak hanya menyampaikan kabar, tertapi Pers yang dikelolah oleh Mahasiswa sebaiknya menyajikan Investigatif Reporting. Untuk membongkar berbagai modus korupsi,’ tandas Akbar Endra, Komisaris Utama PT Menit Indonesia Cerdas

Menurut Direktur LAMPI HMI Makassar Arif Wangsa. Sengaja menghadirkan Akbar Endra pada acara itu, sebab Akbar pernah menjadi Sekretaris LAPMI HMI dan dikenal sebagai aktivis, orator dan sekaligus penulis yang piawai.

“Kita ingin agar bakat menulis senior-senior kami di HMI, bisa ditularkan kepada kader HMI di masa sekarang,” ungkap Arif Wangsa, .Direktur LAMPI HMI Makassar. (*/di).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here