Beranda Metro Aplikasi Kucata’ki’ Disdukcapil Makassar, Permudah Masyarakat Terbitkan Akte Kelahiran.

Aplikasi Kucata’ki’ Disdukcapil Makassar, Permudah Masyarakat Terbitkan Akte Kelahiran.

318
0
BERBAGI

Makassar – (CompleteNws.Id).

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto, beberapa waktu lalu, Launching Aplikasi Kucata’ki’ yang digagas oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Makassar, terus menunjukan progres yang baik.

Aplikasi Kucata’ki’ adalah, layanan pencatatan anak yang baru lahir serta surat kematian, khusus untuk layanan anak ini memberikan kemudahan, dalam medapatkan Akte Kelahiran.

Pencatatan langsung dilakukan di tempat bayi dilahirkan, baik itu di puskesmas, rumah sakit ibu dan anak (RSIA), dan rumah sakit (RS) umum lainnya, bekerjasama dengan Disdukcapil Kota Makassar, melalui Kucata’ki’.

Menurut Kadis Dukcapil, Ada 26 titik layanan persalinan Kucata’ki’ tempat Disdukcapil Kota Makassar, menjalin kerjasama, 11 RSIA, 11 puskesmas dan 5 RS swasta.

Kepala Disdukcapil Makassar, Nielma Palamba ketika ditemui wartawan di kantornya, mengatakan “Progres layanan Kucata’ki’ saat ini menunjukan hasil yàng baik”.

“Sudah ada 35 akte kelahiran yang jadi sejak di launching kemarin. Data ke 35 ini dimasukkan ke Kucata’ki’ yang tersebar di 26 titik layanan kami. Jadi orang tuanya sisa mengambil (akte) di kantor,” kata Nielma Palamba, kepada Wartawan, Selasa (14/8/18).

Lanjut Nielma “Data yang masuk ke operator (Kucata’ki’) sebenarnya 60-an, namun sisanya tidak ter input untuk diterbitkan aktenya, karena kesalahan administrasi”.

“Dari 60-an ada 30-an data yang tertolak. Penyebabnya berkas yang dimasukan tidak sesuai. Seperti kesalahan ketik nama lengkap, tidak sesuai di KK,” jelas Nielma.

Nielma mengimbau, agar masyarakat tetap memperhatikan syarat untuk pengajuan akte kelahiran di aplikasi Kucata’ki’.

“Selain itu, ia tetap berkoordinasi dengan petugas yang bertanggungjawab, di layanan Kucata’ki’, agar lebih teliti menangani masyarakat, yang akan mengurus akte” tutup Nielma Palaba, Kadïs Kependudukan Catatan Sìpil Kota Makassar.

BAGI orang yang akan mendapatkan akte kelahiran anak melalui aplikasi Kucata’ki’ di 26 titik layanan, berikut persyaratannya :

1. Fc. Akta nikah orang tua

2. Fc. KTP dan KK orang tua

3. Surat ket. Kelahiran dari Ruah Sakit dan Rumah Sakit Bersalin. (*/Pm).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here