Beranda Daerah Bagikan BLT DD ke 20 KK, LSM L-PK2 Minta DPRD Jeneponto Hearing...

Bagikan BLT DD ke 20 KK, LSM L-PK2 Minta DPRD Jeneponto Hearing Kades Banrimanurung.

360
0
BERBAGI

Jeneponto — (CompleteNews.Id).

Kementerian Desa telah mengeluarkan Surat Edaran kepada seluruh Kepala Desa se Indonesia bahwa, 35 % dari Dana Desa (DD) dalam satu Desa, diperuntukkan kepada warga desa yang terkarena dampak Covid-19.

Kalau Dana Desa (DD) yang dikelola Kepala Desa Rp 1,5 M maka 35 %, dikeluarkan untuk 300 Kepala Keluarga (KK) dengan rincian Rp.600.000,- perbulan selama 3 bulan menerima.

Ironisnya. Kepala Desa Banrimanurung Kec. Bangkala Barat Kab. Jeneponto Sulsel, Andi Rustam Bj, diduga tidak mengindahkan Surat Edaran Kementerian Desa tersebut.

Lebih ironis lagi, Kepala Desa Banrimanurung diduga hanya membagi DD 35 % dengan nilai ratusan juta tersebut, kepada 20 Kepala Keluarga (KK) penerima BLT, DD warganya.

Dengan kejadian ini. Ketua DPC LSM Lembaga Pemberantasan Korupsi dan menegakkan Keadilan (L-PK2) Jeneponto Sulawesi Selatan. Jumatang, minta kepada Komisi 1 DPRD Jeneponto, yang membidangi pemerintahan supaya menghearing, Kepala Desa Banrimanurung Andi Rustam Bj, untuk Dihearing di DPRD Jeneponto.

Kepada Wartawa. Ketua DPC LSM L-PK2 Jeneponto, Jumatang menjelaskan. Dari 6 (Enam) Dusun di Desa Banrimanurung yaitu: Dusun Bontogaddong, Dusun Bilayya, Dusun Karamaka, Dusun Jonggoa, Dusun Ujung Moncong dan Dusun Parasangan Beru, banyak sekali yag tidak tersentuh bantuan BLT DD.

“Dari 6 (enam) Dusun di Desa Banrimanurung, masih Ratusan warga terdampak covid-19 yang tidak menerima sama sekali BLT Dana Desa (DD), BST dan bantuan kartu PKH,” kata Jumatang.

Adapun dusun yang didatangi oleh LSM L-PK2 yang masih banyak Kepala Keluarga yang tidak menerima sama sekali BLT dana desa (DD). BST dan Bantuan kartu PKH dari pemerintah yaitu:

1. Dusun Bontogaddong. Kepala Keluarga yang hidupnya memprihatinkan (Miskin) tetapi tidak menerima sama sekali BLT dana desa (DD), BST dan Bantuan kartu PKH antara lain. Sain Dg Naba (34), Sattuali (30), Canre (40),Yanto (30) masih numpang tinggal dirumah mertua bernana Sanne Ati dan Sahiri dg Sukku (65).

2. Dusun Pa’rasangan Beru Kepala Keluarga yang tidak menerima sama sekali BLT dana desa (DD), BST dan Bantuan kartu PKH. Mardiana Karaeng Cora (50), Suada Karaeng Rannu (65), Dg Siajang (65), Kuma Dg Ngona (65) dan Soho (63).

3. Dusun jonggoa Kepala Keluarga yang tidak menerima sama sekali BLT Dana Desa (DD), BST dan Bantuan kartu PKH. Hasanuddin Dg Bantang (35), Ansar Dg Lewa (40), Liwang Dg Sitaba (30), Tati (25), Makkalau Dg Bani (50) dan Dg Naba (65).

Sementara Kepala Desa Banrimanurung Kec. Bangkala barat Kab. Jeneponto, Andi Rustam Bj, ketika akan dikonfirmasi dirumahnya. Sabtu 20 Juni 2020, sekitar Pukul 14.30 Wita, tidak ada dirumahnya.

Salah orang yg ada dirumah Keepala Desa Banrimanurung menyampaikan bahwa, Kepala Desa Banrimanurung, tidak ada dirumahnya.

“Tadi pagi Kepala Desa Banrimanurung, keluar memakai mobil warna putih, ” katanya. (TIM/Jmt).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here