Beranda Advetorial Bupati Jeneponto Mengangkat Kepala SMP Negeri I Arungkeke jadi PLT Kepala Desa...

Bupati Jeneponto Mengangkat Kepala SMP Negeri I Arungkeke jadi PLT Kepala Desa Disorot LSM.

925
0
BERBAGI

Jeneponto — (CompleteNews.Id).

Keputusan Bupati Jeneponto Drs Iksan Iskandar M Si, mengangkat Kepala SMP jadi Plt Kepala Desa Arungkeke Pallantikang, menuai keritikan Lembaga Sosial Masyarakat (LSM)..

Betapa tidak, Haeruddin Situru Plt yang diangkat tersebut, sudah menduduki dua jabatan yaitu sebagai Kepala Sekolah SMP 1 Arungkeke juga sebagai Ketua PGRI Kabupaten Jeneponto.

Menurut Ketua Lembaga Anti Korupsi Nasional (Laknas)  Kabupaten Jeneponto Mustani SH, kebijakan Bupati Jeneponto Iksan Iskandar,
sarat dengan muatan politik.

Bupati mengabaikan Kepentingan proses belajar mengajar di SMP Negeri 1 Arungkeke.

“Bagaimana mungkin seorang Kepala SMP memegang dua jabatan, yakni jabatan Kepala SMP negeri I Arungkeke dan Jabatan sebagai Plt kepala Desa Arungkeke Pallatikang” katanya.

“Seyogyanya Bupati Jeneponto sebagai penentu kebijakan, harus berfikir dengan cermat, bahwa tugas dan tanggung jawab seorang kepala sekolah sangat berat, karena setiap hari Harus Ada disekolah yg dipimpinnya, untuk mengawasi seluruh guru, pegawai dan seluruh siswa” ucapnya.

Mustani juga katakan, Kepala SMP Negeri I Arungkeke Haeruddin Situru, tidak harus serta merta menerima kebijakan dari Bupati, untuk diangkat sebagai Plt Kepala Desa Arungkeke Panlantikan,
karena tugas seorang kepala Desa harus melayani masyarakat satu kali duapuluh empat jam, kalau dua-duanya dijalankan maka ada salah satu tugasnya terabaikan, sehingga masyarakat dirugikan.

“Haeruddin Situru tinggal di Desa Bulobulo diantarai dua desa yakni Desa Palajau dan Desa Arungkeke” tegasnya.

Mustani menjelaskan, Kepala SMP Negeri 1 Arungkeke Haeruddin Situru, terlalu berambisi mau jadi Plt Kepala Desa Arungkeke Pelantikan, karena diduga Ada angggaran besar yang dikelolah didesa yakni: Alokasi Dana Desa (ADD) Dan Dana Desa (DD), yg anggarannya milyaran rupiah pertahun.

“Seyogianya Bupati jeneponto, mengangkat Plt Kepala Desa Arungkeke Pallantikang dan Desa lainnya pegawai Camat, kalau bukan pegawai (staf) Camat , bisa juga pegawai (staf) dari kantor Dinas PMD Jeneponto” ucapnya.

“Karena mareka jabatan Stuktural dan sudah Pengalaman dibidang Pemerintahan, kalau Kepala sekolah jabatan fungsional ” ungkap Mustani.

Mantan kepala Desa Arungkeke Pallantikang Abdul Rahim, ketika dikonfirmasi dirumahnya minggu 16 Juni 2019 mennjelaskan, masa jabatan Saya telah berakhir pada tanggal 16 April 2019, Kepala SMP Negeri 1 Arungkeke Haeruddin Situru, diangkat jadi Plt Kepala Desa Arungkeke Pallantikang, oleh Bupati Jeneponto, menggatikan Saya” katanya.

Lanjut Abdul Rahim, sebelum habis masa jabatan saya sebagai Kepala Desa Arungkeke Panlantikan, ada dua ASN yang diusulkan ke Bupati Jeneponto dan ke  Dinas PMD Jeneponto, yaitu Plt Camat Arungkeke Alamsah Kr Jampo dan Kasi Pemerintahan Kecamatan Arungkeke, M Ridwan Kr Sewang,

“Satu hari sebelum pilres 2019, Saya dipanggil oleh Bupati untuk memastikan colon ASN yang diusulkan untuk diangkat sebagai Plt Kepala Desa Arungkeke”Ujar Abdul Rahim.

“Haeruddin Situru diusulkan juga oleh BPD Desa Arungkeke Pallantikang, ke PAk Bupati dan di kantor Dinas PMD Jeneponto” tambahnya.

“Haeruddin Situru tidak layak jadi Plt Kades Arungkeke Pallatikang, meskipun beliau ASN Karena dia tinggal didesa Bulo-Bulo” ungkap Abdul Rahim.

Bupati jeneponto Iksan Iskandar, ketika dikonfirmasi melalui telpon selulernya oleh Kepala Dinas PMD Jeneponto Amirullah SE mengatakan, Kepala SMP Negeri 1 Arungkeke Haeruddin Situru, bisa jadi Plt Kades Arungkeke Panlantikan, karena  Haeruddin Situru ASN dan sesuai dengan regulasi”.

^Haeruddin Situru diangkat jadi Plt Kades Arungkeke Pallantikang, karena diusulkan oleh Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Desa Arungkeke Pallantikang, meskipun beliau tidak berdomisili dalam wilayah Desa Arungkeke Pallantikang” tutup Amirullah. (*/Jmt).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here