Beranda Daerah Dua Pejabat Tinggi Sulawsi Selatan Kelahiran Parepare, Hadir di Pembukaan Mubes V...

Dua Pejabat Tinggi Sulawsi Selatan Kelahiran Parepare, Hadir di Pembukaan Mubes V IKM Parepare.

366
0
BERBAGI

Makassar — (CompleyeNews.Id).

Dua Pejabat Tinggi Sulsel kelahiran Kota Parepare, hadir dalam acara pembukaan Musyawarah Besar V Ikatan keluarga Masyarakat (IKM) Parepare. Sabtu (1/2/20).

Kedua Pejabat Tinggi Sulsel tersebut, Prof HM Nurdin Abdullah Gubernur Sulawesi Selatan dan Irjen Pol. Mas Guntur Laupe, Kapolda Sulawesi Selatan.

Selain itu. Acara ini dihadiri juga oleh 15 Dewan Pakar IKM Parepare dan sepuluh diantaranya adalah Profesor.

Musyawarah Besar V IKM Parepare bertajuk “Mengikat Persaudaraan, Menggapai Harapan, Parepare Maju” berlansung di Hotel Dalton, jln. Perintis Kemerdekaan Kota Makassar.

Juga hadir Walikota Makassar Iqbal Suhaeb, Walikota Parepare Taufan Pawe, Wakil Walikota Parepare Pangerang Rahim, Ketua dan Anggota DPRD Kota Parepare, Sekda dan para Pejabat Struktural Kota Parepare, Pengurus dan Dewan Penasehat, Dewan Pakar IKM Parepare, Ketua Cabang IKM Parepare se-Indonesia, sejumlah Profesor yang juga Dewan Pakar IKM Parepare, para akademisi asal Parepare yang berkiprah di sejumlah perguruan tinggi di Makassar, tokoh masyarakat asal Parepare, dan tamu undangan dari berbagai instansi.

Ketua Umum IKM Pare, Drs. H. Andi Syamsul Mallarangeng dalam sambutannya mengatakan. Keberhasilan suatu bangsa ditentukan oleh karakter yang dimiliki oleh bangsa itu.

“Orang Bugis Makassar memiliki karakter dan kearifan lokal. Sipakatau, Sipakalebbi, dan sipakainge,“ kata Andi Syamsul Mallarangeng.

AS Mallarangeng menambahkan. IKM Parepare adalah Wadah kekeluargaan, orang yang lahir dan pernah tinggal di Parepare.

“Sipakatau, Sipakainge, Sipakamase dan Sipakalebbi, merupakan nilai luhur yang dijadikan motivasi dalam berbuat yang terbaik, untuk bangsa dan negara Republik Indonesia,” ucap Mallarangeng.

Dalam Palsafah Bugis Makassar dikenal kearifan lokal “Siri” yang dijadikan sebagai motor penggerak dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. “Siri’tami Rionroang ri Lino,” tutup H Andi Syamsul Mallarangeng, Ketua Umum IKM Pare.

Dalam kesempatan itu. Walikota Parepare Dr. H. Taufan Pawe, mengajak hadirin peserta Mubes V Pare, memberikan sumbangsihnya untuk kemajuan Kota Parepare.

Kapolda Sulawesi Selatan, Irjen. Pol Mas Guntur Laupe, mengawali sambutannya dengan menyapa 15 Dewan Pakar yang hadir, yaitu Prof. Dr. Ir. H. Nurdin Abdullah, Prof. Dr. Tahir Kasnawi, Prof. Dr. Faisal Abdullah, Prof. Dr. Oslan Jumadi, Prof. Dr. Rahmat, M.S., Prof. Dr. Said Karim, Prof. Dr. A. Pengerang Moenta, Sukardi Weda, Prof. dr. Syarifuddin Wahid, Prof. Dr. dr. Suryani As’ad.

Irjenpol Mas Guntur Laupe berharap kepada masyarakat Sulawesi Selatan, untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan.

Gebernur Sulawesi Selatan, Prof. Nurdin Abdullah, dalam sambutannya mengatakan. Parepare dari dulu menjadi kota jasa dan indah, membuat ekonomi kita menggeliat.

Nurdin Abdullah
sempat berkisah tentang masa kecilnya, ketika sekolah di SMP Negeri 4 Parepare.

“Saya sering menumpang di mobil Korem yang tidak punya rem, karena Korem kebetulan berdekatan dengan SMP 4 Parepare, tempat kami bersekolah,” kenangnya.

Sekjen IKM Pare, Arqam Asikin kepada Wartawan mengatakan. Kegiatan ini dibuka oleh Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah dan dihadiri tamu undangan sekitar 300 orang, berasal dari berbagai elemen masyarakat Parepare, baik mereka yang berkiprah di tingkat Nasional maupun di tingkat Lokal.

“Mubes V IKM Parepare akan memilih Ketua Umum dan Pengurus Pusat masa bhakti 2020 – 2025,” jelas Ikram Azikin. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here