Beranda Daerah Frederik Batti Sorring Mantan Bupati Toraja Utara, Diprediksi Bakal Melenggang ke Senayan.

Frederik Batti Sorring Mantan Bupati Toraja Utara, Diprediksi Bakal Melenggang ke Senayan.

427
0
BERBAGI

Toraja Utara – (CompleteNews.Id).

Pemilu, Pilpres dan Pileg semakin dekat. Bahkan sudah diambang pintu. Tinggal sehari 1 April. Ini berarti jadwal kompetisi demokrasi tinggal hitungan hari, yakni 17 April mendatang.

Berbagai lembaga survei menjelang event nasional ini, terus menyuarakan hasil survei mereka. Khusus caleg, sebagian lembaga survei mempublikasi produknya, terutama caleg yang diprediksi bakal lolos ke Senayan.

Menariknya, pada Dapil Sulsel 3, dari sejumlah nama terdapat orang Toraja dari partai berbeda bersaing ketat. Diantara yang masuk nominasi, sesuai survei, muncul nama Frederik Batti Sorring (PD), Yacobus Camarlow MP (PDIP) dan Felisitas Palayukan (PARTAI GERINDRA).

Namun, survei itu menyebut, minimal dua orang Toraja yang bakal ke Senayan. Ini juga berdasarkan pantauan awak media di lapangan.

Dari tiga nama, mengerucut dua nama, yakni Frederik Batti Sorring dan Yacobus Camarlow MP. Hanya, Yacobus masih dibayang-bayangi caleg lain juga orang Toraja, Sarce Bandaso.

Begitu juga Felisitas, harus bersaing ketat menghadapi La Tinro La Tunrung, mantan Bupati Enrekang, yang cenderung unggul.

Senasib, Eva Stevany Rataba, Caleg DPR-RI dari Partai Nasdem. Istri Wabup Torut Yosia Rinto Kadang ini diprediksi bakal terganjal melangkah ke Senayan. Pasalnya, Rusdi Masse, mantan Bupati Sidrap, bakal menghadang dan leading.

Beda dengan mantan Bupati Torut Frederik Batti Sorring, melenggang jauh dari caleg separtainya. Dukungan suara Sorring dominan diperoleh dari basis utamanya di dua kabupaten, yakni Torut dan Tator.

Selain itu, suara dukungan pemilih juga bakal datang dari pemilih tradisional Toraja yang ada di sebagian Luwu Raya. Seperti Lutim, Lutra, Palopo dan Luwu. Juga sedikit Enrekang, Sidrap, dan Pinrang untuk suara tambahan.

Menurut Albert Sampelintin “Dari hitungan kami walaupun pemilihan belum dilaksanakan, jujur saja hampir dipastikan Pak Sorring bakal melenggang ke Senayan. Faktanya begitu. Dan ini kelihatannya tidak ada hambatan. Bisa dilihat di zona basis beliau di dua kabupaten” saat dihubungi.

“Mungkin karena beliau pernah bupati di Toraja dan latarbelakang keluarganya yang berasal dari Torut dan Tator. Juga pembawaan dan kepribadiannya yang cepat beradaptasi dan dekat dengan siapa saja,” ujar Albert Sampelintin, politisi muda Toraja ketika dimintai tanggapannya, via ponsel, dari Makassar, Sabtu malam (30/1/19).

Albert menambahkan, meskipun Partai Demokrat berada di luar parpol koalisi pendukung Jokowi-Ma’ruf, namun akses atau hubungan Sorring secara pribadi dengan Jokowi tetap ada.

“Hubungannya dengan Jokowi tetap ada, sekalipun Pak Sorring orangnya Demokrat, tidak ada masalah. Mereka kan dua-duanya satu almamater, sama-sama dari UGM” katanya.

“Tinggal bagaimana timnya, termasuk think-tanknya, membuat strategi dalam menghadapi situasi politik nasional, itu saja,” jelas Albert yang juga kerabat dekat Sorring.

Dia optimis, hingga pileg tiba, jagoannya ini tetap eksis dan memenangkan pertarungan politik kedepan.

“Rekrut dan tempatkan saksi militan di TPS, karena tugas terberat mengamankan suara itu. Bukan lagi mencari suara tapi mengamankan. Satu suara pun tidak boleh hilang,” tutup Albert mengingatkan. (*/Natan).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here