Beranda Advetorial Gubernur Sulsel Tinjau Bandara Arung Palakka: Banyak Masyarakat Bone Diluar Membutuhkan Akses...

Gubernur Sulsel Tinjau Bandara Arung Palakka: Banyak Masyarakat Bone Diluar Membutuhkan Akses Cepat

115
0
BERBAGI

Makassar — (CompleteNews.Id).

Gubernur Sulsel Prof. HM. Nurdin Abdullah, lakukanĀ  peeninjau di Bandara Arung Palakka Kabupaten Bone. Minggu (14/2/21).

Dalam peninjaian itu Gubernur menyampaikan.Telah menyiapkan Anggaran sebesar Rp 24 miliar, untuk menyelesaikan jalur menuju Bandara tersebut dan ditargetkan tuntas 2021.

“Saya kira yang penting akses jalan masuk dan perpanjangan runway. Tahun ini kita selesaikan jalan masuk menuju Bandara Arung Palakka, dan kita bikin dua jalur,” ucap Gubernur.

Gubernur mengatakan. Pembangunan jalan baru ini merupakan, kolaborasi antara Pemkab Bone – Pemprov Sulsel.

Pemkab Bone menyelesaikan pembebasan lahan, dan pemprov menanggung Anggaran pengaspalan.

Berdasarkan Detail Engineering Design (DED) dari Dinas PUTR Sulsel, jalan tersebut disediakan Anggaran sebesar Rp 24 miliar. Jalan dipatok selebar 7 meter dan panjang 2 kilometer.

“Ini sebenarnya tinggal dipoles sedikit, yang pertama adalah akses jalan masuk. Akses jalan masuk, sudah di ambil alih pemerintah provinsi. Provinsi akan Anggarkan. Terus yang kedua nanti saya akan bicarakan sama Menhub supaya perpanjangan runway,” katanya.

Gubernur juga katakan. Untuk perpanjangan runway-nya akan dikomunikasikan dengan Kementerian Perhubungan, bersama Kepala Otoritas Bandara Wilayah V Makassar.

“Saya kira ini sangat penting, paling penting lagi Bone ini adalah daerah yang sangat potensial. Ini salah satu penyangga untuk Sulawesi Tenggara, sehingga kita butuh akses yang lebih cepat,” jelasnya.

Gubernur menambahkan. Saat ini terminal dan fasilitas lain sudah cukup, tetapi memang yang harus diutamakan adalah, akses jalan dan runway-nya yang harus diprioritaskan.

“Banyak masyarakat Bone di luar Bone membutuhkan akses cepat seperti pesawat,” ungkapnya.

Bone ini memiliki penduduk terbesar setelah Makassar, dan banyak orang – orang Bone ada di Kalimantan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah dan sebagainya.

“Kita fokus membangun konektivitas, kebetulan Sulawesi Selatan ini ada beberapa bandara sudah terbangun, termasuk Bandara Arung Palakka ini. Bandara Buntu Kunik Toraja, Bandara Bua Luwu, dan Bandara Selayar,” tandas Gubernur Sulsel, Prof. HM. Nurdin Abdullah. (*/pm).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here