Beranda Daerah Jampersal tidak dibayarkan Puskemas, Bidan Desa Pulau Salemo Pasang Tarif Persalinan Ratusan...

Jampersal tidak dibayarkan Puskemas, Bidan Desa Pulau Salemo Pasang Tarif Persalinan Ratusan Ribu Rupiah.

547
0
BERBAGI

Makassar – (CompleteNews.Id).

Jampersal atau Jaminan Persalinan, merupakan Jaminan pembiayaan pelayanan persalinan yang meliputi pemeriksaan kehamilan, pertolongan persalinan, pelayanan nifas termasuk pelayanan KB pasca persalinan dan pelayanan bayi baru lahir, yang dilakukan oleh tenaga kesehatan di fasilitas kesehatan.

Jampersal adalah biaya ditanggung oleh Pemerintah, dengan syarat Persalinan dilakukan di Sarana Pelayanan Kesehatan, Bidan desa yang melakukan pertolongan persalinan membuat klaim persalinan, selanjutnya dijadikan pertanggung jawaban untuk memperoleh Jasa atau dana atas jasa pertolongan persalinan tersebut.

Ironisnya di Pustu Pulau Salemo Desa Mattiro Bombang Kecamatan Liukang Tupabbiring Utara Kabupaten Pangkep, pasien diduga diarahkan melahirkan dirumahnya, dan bebani biaya persalinan sebesar Rp. 650.000,- hingga Rp. 750.000,-.

Menurut Bidan Sri, hal ini terjadi karena, pada tahun 2017, ada 21 persalina di Pustu Pulau Salemo, dana persalinannya tidak dibayar sampai sekarang sudah tahun 2019, Puskesmas.

Kapustu Sri mengatakan “Sejak awal tahun 2018 sampai sekarang, Pustu Pulau Salemo, tidak pernah lagi digunakan untuk persalinan, kalau ada yang mau melahirkan ditolong langsung dirumah pasin” katanya.

Parahnya pasien dibebankan dana biaya persalinan sebesar Rp 650.000 sampai Rp 750.000,- tiap persalinan.

Kondisi tersebut tentu sangat membebani masyarakat, karena harus mengeluarkan biaya yg lumayan besar, padahal Pemerintah telah memberikan Jaminan Kesehatan dan Jaminan Persalinan gratis, untuk mengurangi beban hidup masyarakat dalam memperoleh layanan kesehatan.

Dari kasus yang terjadi di Pustu Pulau Salemo, tentu menguntungkan pihak Puskesmas dan Bidan Sri, uang Negara untuk biaya persalina 21 pasien ibu melahirkan pada tahun 2017, diduga dinikmati pihak Puskesmas, uang ibu ibu pasien yang bersalin di rumah dinikmati oleh Bidan Sri, Kapala Pustu Pulau Salemo.

Dengan adanya berita ini, diminta kepada pihak penegak Hukum memanggil Kepala Puskesmas Tupabbiring Utara dan Kepala Pustu Pulau Salemo untuk klaripikasi, karena diduga terjadi tndak pidana Koripsi didalamnya.  (*/Tim).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here