Beranda Metro Parah! Dokumen Engineer Estimate Milik PLN Sulbagsel Bocor

Parah! Dokumen Engineer Estimate Milik PLN Sulbagsel Bocor

477
0
BERBAGI

Compaletenews| Makassar,- Apa Jadinya kalau  dokumen EE (Engineer Estimate ) yang jadi acuan HPS (Harga Perkiraan Sendiri) milik PT.PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Sulawesi Bagian Selatan (Sulbagsel)  bocor. Ini bermula pada saat lelang tender tahap pertama (Prakualifikasi) dengan tahap dua (Pascakualifikasi ) tiga minggu sebelum pemasukan dokumen.

Hal ini membuktikan bahwa tender tersebut tidak fair play dan diduga keras dapat mengarahkan kerekanan tertentu saja, begitu pun dengan pabrikan, sudah dapat dipastikan beberapa pabrikan produsen material barang peralatan tersebut mengunci harga atau tidak memberikan surat dukungan kepada rekanan peserta lelang lainnya, hal ini dapat menimbulkan persaingan usaha yang tidak sehat dan melawan Undang Undang No.5 Tahun 1995 tentang Persaingan Usaha Tidak Sehat.

Kuat dugaan ada pengarahan kepada perusahaan tertentu untuk dimenangkan dalam proses lelang tender tersebut dan juga monopoli pabrikan, sehingga disinyalir panitia ada main mata dengan rekanan tertentu, terbukti bocornya beberapa  Engineer Estimate G.I (Gardu Induk) yang menjadi acuan untuk membuat HPS Paket pengadaan Gardu Induk (GI).

Foto: Ketua Panitia Pengadaan, Usman Hendra

Ketua panitia pengadaan  PT.PLN (Persero) UIP Sulbagsel, Usman Hendra ketika di konfirmasi , menjelaskan untuk kewenangan bicara ke media kami harus berkoordinasi dengan GM.

“ Saya tidak punya kapasitas berbicara, tapi nanti kami bicarakan dulu pada general manager (GM),”ucap Usman ( 27/11/2017)

Dikonfirmasi secara terpisah Manajer Hukum, Komunikasi dan Pertanahan, Bactiar Machmud mengakui bahwa Estimate Engineer itu tidak boleh bocor, karena ini merupakan acuan untuk panitia buat HPS (Harga Perkiraan Sendiri) dan EE juga merupakan dokumen rahasia PLN.

“Inikan dokumen rahasia negara jadi tidak boleh keluar dan ini rahasia jabatan, kok bisa keluar apa artinya kita ini”, ujarnya

Foto: Manajer Hukum, Komunikasi dan Pertanahan, Bactiar Machmud

Lanjut Bactiar,” Terima kasih buat teman -teman media masih ingin melakukan konfirmasi, Kami juga ingin minta tolong siapa kira-kira yang membocorkan Engineer Estimate dan pihak manajemen  tidak menginginkan adanya hal seperti ini terjadi di PLN,” katanya.

 

Laporan . TIM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here