Beranda Daerah PKM Lawowoi Diduga Keras Buang Sampah Medik B3, di TPA Patommo Sidrap.

PKM Lawowoi Diduga Keras Buang Sampah Medik B3, di TPA Patommo Sidrap.

701
0
BERBAGI

Makassar – (CompleteNews.Id).

Berawal dari informasi masyarakat bahwa, Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Lawowoi Kabupaten Sidrap, diduga melakukan pencemaran lingkungan, membuang sampah B3 di TPA, menyikapi informasi tersebut Tim Media CompleteNews bersama LSM lakukan investigasi di Kabupaten Sidrap. Kamis (14/3/19).

Ketika Tim investigasi tiba di TPA Sidrap, ternyata informasi itu benar, Tim mendapatkan Spoit dan Jarum Suntik berserakan dimana mana, bahkan seorang pemulung di TPA, kena tusukan jarum suntik limbah B3 tersebut.

Puskesmas Lawawoi, diduga tidak melakukan pengelolaan sampah medis dan sampah organiknya, padahal tempat sampah telah disiapkan di tempat itu.

Muh Ali, mewakili Kapus dan Penanggung jawab Kesling PKM Lawowoi, ketika dikonfirmasi mengatakan “Hal itu tidak benar, sampah medik yang dihasilkan PKM Lawowoi, dibawa ke PKM Bilokka untuk dimusnahkan” katanya.

Ironisnya, ketika Tim mendatangi PKM Bilokka yang berjarak kurang lebih 20 Km dari PKM Lawowoi, penanggung jawab Kesling PKM Bilokka Syapar mengatakan “Benar, PKM Lawawoi membawa sampah medisnya sedikit ke PKM Bilokka, untuk dibakar di Icenerator PKM Bilokka, hanya sekedar ingin mendapatkan kelengkapan adimistrasi persyaratan akreditasi puskesmasnya” ungkap Syafar.

Dengan adanya berita ini, diminta kepada pihak penegak Hukum memanggil Kepala PKM Lawowoi untuk klaripikasi, karena diduga melanggar UU No.32 tahun 2009, tentang PLH. (*/Tim).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here