Beranda Daerah Puskesmas Tuppu “Langgar” UU Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, Buang Limbah B3...

Puskesmas Tuppu “Langgar” UU Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, Buang Limbah B3 di TPA.

1073
0
BERBAGI

Makassar – (completenews.id).

Berawal dari informasi masyarakat bahwa, di Puskesmas Tuppu Kecamatan Lembang Kabupaten Pinrang, pelayanann kesehatan di tempat itu sangat buruk.

Seperti yang dialami oleh seorang warga yang membawah anaknya ke Puskesmas tersebut karena menderita mencret, ironisnya petugas yang ada di tempat itu malah acuh, sibuk dengan telepon genggamnya, sehinggah orang tua anak itu marah marah.

Ketika hal ini akan dikonfirmasi oleh Tim Media dan LSM, malah Tim ini menyaksikan petugas Puskesmas Tuppu membuang sampah Medik B3, tidak pada tempat yang seharusnya.

Kepala Puskesmas Tuppu drg Pualinggi, PM saat dikonfirmasi terkait sampah medik B3 tersebut mengatakan “Saya baru menjabat disini pak, tunggu saya panggil dulu penanggung jawab Keslingnya” katanya.

Penanggung jawab Kesling Puskesmas Tuppu Munirah, saat menjawab petanyaan Tim Media dan LSM mengatakan “Saya hanya mengantisipasi pak, daripada berserakan kami buang sampah msdik B3 itu di Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPA), yang ada di Kelurahan” katanya.

Kepala Puskesmas Tuppu menambahkan bahwa, sampah medik di Puskesmas Tuppu dibakar secara manual, karena àlat pembakarnya sudah rusak.

Apa yang dilakukan pihak Puskesmas Tuppu, diduga melanggar Undang Undang tentang pengelolaan lingkungan, Limbah B3, dengan ancaman hukuman tiga tahun penjara dan denda satu Milliar rupiah.

Dengan adanya berita ini, diminta kepada pihak pihak berkompeten datang ke Puskesma Tuppu, sebelum limbah B3 tersebut membahayakan dan mengancam kesehatan masyarakat yang ada disekitarnya. (*/Tim).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here