Beranda Daerah Tiga Oknum Pejabat RSUD dan Dinas Kesehatan, Diduga Penyebab Melambungnya Biaya Checkup...

Tiga Oknum Pejabat RSUD dan Dinas Kesehatan, Diduga Penyebab Melambungnya Biaya Checkup CJH Barru.

2640
0
BERBAGI

Makassar – (CompleteNews.Id).

Biaya pemeriksaan calon jemaah Haji Barru Tahun 2018 sebesar Rp. 1.200.000,- Tahun ini 2019 tiba-tiba melonjak jauh menjadi Rp. 2.644.000,- hal ini membuat masyarakat dan LSM mempertanyakan “Kenapa bisa melonjak jauh seperti itu”

Informasi yang diterima Redaksi completenews.id bersama Tim LSM bahwa, kenaikan terjadi, diduga karena ada (3) oknum Pejabat di RSUD dan Dinaskesehatan Barru, memainkan item pemeriksaan dan tarif biayanya, untuk mengambil keuntungan.

Ketiga oknum itu menurut salah seorang warga masyarakat, keluarga Calon Jemaah Haji Barru adalah:
Kasubag Keuangan RSUD Barru Muh Hatta, S Km, M Kes, yang juga Plt Sekretari RSUD Barru, dr A Nikmawati Kepela Istalasi Laboratorium RSUD Barru dan DR A Marola S Km, M Kes. Kabid Pelayanan Mayarakat Dinas Kesehatan Kab Barru.

Ketiga oknum ini diduga memainkan item pemeriksaan dan tarif harga yang harus dibayar, sehingga biaya yang harus dibayar CJH melonjak dari Rp. 1.200.000,- tahun 2018 menjadi Rp. 2.644.000,- tahun ini 2019.

Pada hal biaya check up kesehatan CJH Barru, telah diatur dalam Perbub nomor 38 tahun 2017, tentang pola tarif jasa layanan pada Badan Layanan Daerah Rumah Sakit Umum Barru.

Dalam Peraturan Bupati Barru (Perbub) no. 38 Thn 2017, hurup L, angka 6, Paket General Check Up Calon Jemah Haji hanya Rp. 800.000,-

Kepala Istalasi Laboratorim RSUD Barru dr A Nikmawati, ketika dikonfirmasi tentang melonjaknya biaya CJH tersebut mengatakan “Kalau kita mau cari itu kita harus berbicara dengan pihak Managemen rumah sakit, karena kami disini bukan yang menentukan itu semua” katanya.

“Kita hanya melakukan pemeriksaan saja, kita bisa ketemu pihak Managemen pak Direktur dan Plt Ktu, kami tidak punya kewenangan menentukan harga, silahkan ketemu pak Hatta, adaji diruangannya” ucap dr Andi Nikmawati.

Wartawan Completenews saat konfirmasi dengan Muh Hatta, Kasubag Keuangan juga menjabat Sekretaris RSUD Barru, tentang melonjaknya biaya pemerksaan kesehata CJH tersebut, Hatta mengatakan “Dasar pengenaan tarif CJH Perbub nomor 38 tahun 2017” katanya.

Dia juga mengatakan “Ketentuan jenis item yang harus diperiksa bukan dari kami, tetapi permintaan dari Dinas Kesehatan Barru, kalau dilihat memang terlalu banyak” ungkap Hatta.

Terkait pembayaran biaya adimistrasi sebesar Rp. 150.000,- per CJH, Hatta mengatakan “Kami sudah sampaikan ke Dinas Kesehatan bahwa, biaya adimistrasi di RSUD Barru tidak ada, kalau dimasukkan pake kwitansi sendiri (biasa)” paparnya.

Kabid yankes Dinas Kesehatan Barru DR A. Marola, S Km, M Kes, ketika akan dikonfirmasi Media Online Completenes.Info, sehubungan melonjaknya biaya pemeriksaan kesehan CJH tersebut, tidak ada di Kantor. (*/Tim). Berlanjut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here